Senin, 27 Februari 2012

Deliberatif dalam Pembangunan


Pembangunan merupakan hal yang harus dilakukan oleh suatu negara dalam mewujudkan kemakmuran masyarakat. Pembangunan ini identik dengan masalah perekonomian yang tidak lepas dari masalah kemiskinan. Kemiskinan merupakan hal yang sangat kompleks dan sulit sekali untuk diukur dan sering terjadi di negara-negara berkembang atau negara Dunia Ketiga (tak terkecuali Indonesia). Indonesia secara ekonomi didominasi oleh sektor pertanian yang identik dengan wilayah pedesaan.
Dalam masalah pembangunan perlu dibuat perbedaan antara pembangunan pertanian dan pembangunan pedesaan. Pembangunan pertanian mencakup semua perubahan dalam produksi pertanian dan pemrosesan produk-produk pertanian, sedangkan pembangunan pedesaan menunjukkan perubahan kondisi sosial dan ekonomi di wilayah pedesaan. Pembangunan pedesaan bertujuan melakukan perbaikan yang berkelanjutan terhadap kondisi kehidupan masyarakat, wanita, pria, dan anak-anak di wilayah pedesaan atas dasar memberikan kebebasan terhadap individu di bidang sosial ekonomi, sementara tetap memperhatikan otonomi budaya; pengelolaan pertanian, kehutanan, dan perikanan yang sesuai dengan lokalitas dan diversiasi usaha; infrastruktur sosial dan fisik yang efisien; usaha kerajinan dan bisnis produksi perdagangan.
Di Indonesia sebenarnya banyak sekali potensi desa yang bisa menambah pendapatan daerah dan pendapatan negara, tetapi letak pedesaan yang terpencil dan fasilitas distribusi yang tidak lancar menyebabkan pedesaan tidak dapat memberikan kontribusi terhadap pendapatan daerah dan pendapatan negara dalam rangka mensukseskan pelaksanaan pembangunan nasional. Dengan kondisi masyarakat yang seperti itu, setiap pelaksanaan pembangunan perlu adanya perencanaan karena kebutuhan pembangunan lebih besar daripada sumber daya yang tersedia. Melalui perencanaan ini dirumuskan kegiatan pembangunan yang secara efisien dan efektif dapat memberi hasil yang optimal dalam memanfaatkan sumber daya yang tersedia dan mengembangkan potensi yang ada.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar