Kamis, 19 Mei 2011

Pendidikan berbasis Moralitas

Telah banyak disinggung bahwa pendidikan adalah sesuatu yang sakral dan sangat berpengaruh terhadap aktivitas setiap orang. Dengan demikian harus ada kejelasan dalam sistem pendidikan. Dalam iklim pendidikan di daerah, tentunya saat ini kita akan kebijakan daerah tersebut. Perlu dilakukan beberapa alternatif untuk merubah iklim menjadi lebih baik. Tiga poin yang dapat dilaksanakan adalah:
1.    Pendidikan Agama yang lebih intensif  agar para pelajar semakin tergugah hatinya untuk senantiasa dalam keadaan benar menurut agama yang dianut.
2.    Pemahaman  nilai-nilai, pemahan nilai-nilai dalam  budaya Yogyakarata yang syarat dengan tatakrama seharusnya lebih di gencarkan dalam dunia pendidikan agar para pelajar lebih memahami nilai-nilai yang berlaku dilingkungan sekitar dan mempraktekannya dalam kehidupan sehari-hari
3.    Pengawasan dari Orang tua siswa dan pihak sekolah juga harus menjadi perhatian yang sangat penting guna mendukung keberhasilan pendidikan yang berbasis moralitas.
Kesungguhan para orang tua dan pihak pendidik sangat dibutuhkan untuk mendukug keberhasilan pendidikan yang berbasis sinergi antara pengetahuan umum dan moralitas. Tentunya dalam tulisan ini hanya sebatas sebuah ide untuk membuat pendidikan menjadi lebih baik. Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar