Kamis, 19 Mei 2011

Indonesia, Birokrasi dan Kesejahteraan Rakyat

1.      Indonesia mempunyai potensi yang luar biasa besar untuk mewujudkan kesejahteraan rakyat. Potensi ini selain factor alam yang memang sangat besar dan potensi posisi yang strategis, juga disebabkan penduduk yang luar biasa besar. Melalui pembangunan yang berkeadilan sosial, kesejahteraan bagi seluruh rakyat Indonesia dapat terwujud.
2.      Strategi peningkatan kompetensi birokrasi dapat dilakukan dari segi structural dan segi perilaku manusianya. Segi structural lebih di tekankan pada penciptaan organisasi pemerintah yang ramping dan kaya fungsi. Sedangkan strategi perilaku dapat dilakukan dengan memanfaatkan budaya lokal/kearifan lokal, Nilai-nilai agama, dorongan untuk berprestasi, dan budaya disiplin. Diharapkan melalui strategi tersebut birokrat dapat melaksanakan kegiatanya lebih disiplin, jujur, semangat, adaptif, inovatif, partisipatif, konstruktif dan  sesuai dengan norma dan nilai yang ada.
5.
3.      Kepemimpinan yang kuat sangat dibutuhkan dalam menamkan nilai-nilai disiplin, jujur, semangat, adaptif, inovatif, partisipatif, konstruktif dalam diri para birokrat. Kepemimpinan kuat disini bukanlah pemimpin yang otoriter, melainkan pemimpin yang tegas terhadap berbagai bentuk penyelewengan. Pemimpin berani bersikap tegas terhadap siapa saja yang berani melanggar norma dan aturan yang ada.
4.      Peningkatan kinerja birokrat harus dapat dirasakan oleh semua elemen, dan harus membawa dampak yang baik terhadap pembagunan, agar tercapai pembagunan yang berkeadilan sosial dan terwujudlah kesejahteraan  bagi seluruh rakyat Indonesia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar