Kamis, 19 Mei 2011

Mahasiswa Sebagai Agent of Change

Mahasiswa mempunyai peranan yang sangat penting dalam suatu negara, namun yang terjadi banyak mahasiswa  mengalami penurunan kualitas . Banyak sekali pemberitaan yang menyangkut tentang kejelekan mahasiswa, mulai dari tawuran antar mahasiswa, demonstrasi yang anarkis, minum-minuman keras, sex bebas dalam pergaulan mahasiswa, sampai pemakaian narkoba yang dilakukan oleh kaum yang dikatan agen of change. Selain itu  budaya dunia mahasiswa pun masih memprihatinkan, karena masih banyak kebiasaan buruk yang dilakukan oleh seorang mahasiswa, seperti budaya telat masuk kelas, kebiasaan titip absen, kebiasaan mencontek saat ujian berlangsung,
[1]Bung Karno dalam (http://members.tripod.com)"Berikan kepadaku sepuluh orang pemuda, akan aku bikin sebuah gunung berpindah”. Kalimat itu merupakan retorika Bung Karno yang menggambarkan dahsyatnya potensi pemuda.
Betapa besar potensi yang dimiliki oleh seorang Mahasiswsa, agen perubahan menjadi kata yang tepat untuk menggambarkan seorang pemuda yang menjadi mahasiswa. Namun melihat kondisi mahasiswa dimasa sekarang ini mungkin sebagian orang merasa miris dan tak menyangka banyak dari mahasiswa negeri ini yang kehidupannya tidak mencerminkan dirinya sebagai mahasiswa. Masih adakah mahasiswa yang mempunyai kualitas sebagai mahasiswa, mahasiswa yang mempunyai moral selayaknya manusia yang berpendidikan, mahasiswa yang mempunyai karakter selayaknya Agent of Change.


[1] http://members.tripod.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar