Kamis, 19 Mei 2011

Indonesia ku mampukah mensejahterahkan seluruh rakyat negeri ini?

Kekuatan (Strength) yang pertama letak Indonesia yang strategis dimana Indonesia berada diantara dua samudra dan dua benua, yaitu samudra hindia dan samudra pasifik, benua Asia dan Australia. Sehingga Indonesia menjadi daerah perlintasan para pelaku ekonomi dalam aktivitasnya. Kedua, Indonesia merupakan negara yang mempunyai jumlah penduduk yang besar, bahkan tersbesar nomor empat didunia. Sehingga Indonesia menjadi negara yang patut diperhitungkan dunia karena memepunyai Sumber daya manusia yang besar dan konsumsinyapun besar. Ketiga,  Indonesia mempunyai kekayaan alam yang melimpah ruah. Kekayaan alam tersebut dapat digunakan sebagai modal dalam melakukan proses pembangunan.
Kelemahan (Weackness) yang pertama, kondisi birokrasi yang belum resonsif dan kreatif dalam melakukan pembangunan. Hal ini ditandai dengan banyaknya kegagalan program pemerintah yang menuai banyak protes dari masyarakat. Contoh pendidikan yang mahal dan sistem yang kurang jelas. Kedua, Tidak adanya konsistensi peraturan dalam hal pembangunan sehingga membuat pembangunan kurang merata.
Peluang (Opportunities), yang pertama adalah derasnya arus globalisasi yang membuka lebar akses teknologi, komunikasi, dan informasi sehingga memungkin munculnya kerja sama dengan negara lain lebih mudah.
Ancaman (Threats), yang pertama adalah dibukanya gerbang pasar bebas antara ASEAN dan China  yang dapat mengancam para pelaku ekonomi di dalam negari karena beluam adanya kesiapan menghadapi serangan produk dari luar. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar