Senin, 27 Februari 2012

Perencanaan di negara Perancis sebagai negara liberal tentu saja mengambil faham leberalisme. Pengorganisasian dalam badan eksekutif


Perancis memiliki beberapa periode pemerintahan yang dikenal dengan Periode Repblik yaitu: Republik Pertama. Mulai dari tahap-tahap dewan konstitusi nasional, dewan legislative, konversi nsional, dan masa direktorat tersebut di muka sampai dengan kemunculan Napoleon. Republik Kedua. Munculnya turunan Napoleon membentuk dinasti. Republik Ketiga. Melewati masa 99 kabinet kemudian masuk rezim Vichy, Marrsekal Petain sebagi Presiden. Republik Keempat. Dengan banyak partai melewati 28 kabinet. Sejak 1958 ditandai dengan kemunculan jenderal Charles De Gaulle (sempat menjadi perdana mentri pada republic Ke empat).
The Dynamic of Manajement yaitu: Commanding atau pemberian perintah berdasarkan pasal-pasal dalam UUD Perancis banyak dilakukan oleh Presiden, Koordinasi baik vertikal maupun horizontal dilaksanakan oleh Presiden, dimana koordinasi vertical dilakukan terhadap Dewan Menteri, Mahkamah Agung dan koordinasi horizontal terhadap parlemen. Komunikasi antara bdan-badan negara dilakukan dua arah. Dalam control tampaknya ada saling control, Presiden mengontrol Dewan Menteri, Mahkamah Agung dan Parlemen, tetapi juga Parlemen dan Mahkamah Agung dapat mengontrol Presiden baik secara Preventif maupun represif.
Perencanaan di negara Perancis sebagai negara liberal tentu saja mengambil faham leberalisme. Pengorganisasian dalam badan eksekutif tentu saja menjalankan prinsip-prinsip organisasi yaitu pembagia kerja, penempatan orang-orang, penempatan weweang dan tanggung jawab, pelimpahan wewenang dan penentuan jangkauan pengawasan serta koordinasi. Koordinasi terhadap menteri-menteri yang berbeda partai atau bahkan ideology akan sulit dilakukan, Padahal untuk terwujudnya koordinasi yang baik diperlukan adanya kepentingan, pengertian dan sasaran yang sama, sehingga akan terwujud kerjasama, sebab perlu diingat bahwa koordinasi tidak mungkin tanpa kooperasi/kerjasama.
Daftar Pustaka
Pamudji, S. 1985. Ekologi Administrasi Negara. Jakarta: PT. Bina Aksara.
Pamudji, S. 1985. Perbandingan Pemerintahan. Jakarta: PT. Bina Aksara.
Sarundajang, S.H. 2002. Pemerintahan Daerah Diberbagai Negara. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan.
Sukarna. 1990. Administrasi Negara Perbandingan. Bandung : PT Citra Adutya Bakti.
Syafii, Inu Kencana. 2007. Ilmu Pemerintahan. Bandung : Mandar Maju.
Thoha, Miftah. 1986. Dimensi-dimensi Prima Ilmu Administrasi Negara. Jakarta: CV. Rajawali.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar